SEKILAS INFO
: - Sunday, 18-04-2021
  • 2 tahun yang lalu / Mulai 19, November 2018 cek status visa bisa melalui website Gamajatimmesir.org dengan menulis nama atau paspor di kolom pencarian cek visa.
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi GAMAJATIM!  memberikan informasi tentang warga Jawa Timur di Mesir khususnya, juga negara Mesir bagi mereka yang tertarik.
BUKU:SEJARAH FILSAFAT YUNANI;SIFAT-SIFAT BANGSA YUNANI HAL.23-24 (BAG.IV)

Pembaca : Falya Zumaral Qudsa

Editor : Falya Zumaral Qudsa

Suara : Siti Khofifah Rizqia

 

Siapakah bangsa yang sanggup menghasilkan prestasi sebegitu besar itu? Karena kita sudah biasa dengan perbatasan-perbatasan negeri Yunani yang modern, terlebih dahulu harus diperingatkan bahwa dalam zaman yang kita bicarakan di sini bangsa Yunani menduduki daerah jauh lebih luas. Selain negeri Yunani di dataran Eropa, permukiman wilayah mereka melingkupi pesisir di Asia Kecil (kini wilayah Turki) sampai dengan pulau Silsilia serta Italia Selatan, bahkan daerah Kyrene di dataran Afrika.

Luasnya wilayah itu telah dihasilkan, karena orang Yunani dari tanah airnya di daratan Eropa berpindah ke tanah asing. Perpindahan itu disebabkan mula-mula oleh penyerbuan-penyerbuan suku Doria ke dalam daratan Yunani (ca. 1100-1000 SM ), kemudian akibat alasan-alasan ekonomis (750-500 SM). Daratan Yunani sebagian besar terdiri dari pegunungan yang gundul dan kurang sekali tanah yang dapat diolah. Itulah sebabnya orang Yunani yang karena situasi geografis negeri mereka menjadi pelaut yang pandai, terpaksa marantau ke daerah asing, bilamana jumlah penduduk bertambah terlalu besar.

Demukian tumbulah Graecia Magna, Yunani Raya. Tetapi perantauan-perantauan itu tidak boleh dianggap sabagai daerah jajahan. Sebentar lagi kita akan melihat bahwa negeri Yunani pada waktu itu tidak merupakan negra persatuan dengan suatu pemerintah pusat. Perantauan-perantauan itu mempunyai otonomi lengkap, sekalipun sering kali ada hubungan khusus dengankota atau daerah yang mendirikan perantauan bersangkutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda