SEKILAS INFO
: - Friday, 19-04-2024
  • 1 bulan yang lalu / Pengurusan kartu izin tinggal setiap Ahad. Jika ada perubahan jadwal, akan diinformasikan lebih lanjut.
  • 5 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi GAMAJATIM!  memberikan informasi tentang warga Jawa Timur di Mesir khususnya, juga negara Mesir bagi mereka yang tertarik.
BUKU : KENAPA UMAT ISLAM TERTINGGAL; ALASAN KAUM MUSLIMIN DAN BANTAHANNYA, HAL 26-28. (BAG.8)

Pembaca : Asaduddin Al Hawari
Editor : Asaduddin Al Hawari
Suara : Asaduddin Al Hawari

Contoh terbaru adalah persoalan Palestina. Telah terjadi banyak pertumpahan darah antara Arab dan Yahudi di Palestina. Sejumlah nyawa dari kedua pihak melayang. Lantas kaum Yahudi di seluruh penjuru dunia bahu-membahu membantu Yahudi-Palestina yang menjadi korban perang. Dunia Islam pun tentu ingin membantu Arab-Palestina. Nah, sumbangan Yahudi untuk putera-puteri mereka di Palestina mencapai 1 juta pound.

Dengan kata lain, hanya sekian persen dari sumbangan Yahudi.
Lalu mereka akan berdalih, “Umat Islam tidak sekaya Yahudi.”

Sekali lagi saya tandaskan, kita sudah sangat senang jika umat Islam mau berinfak demi membantu agama sebesar modal Yahudi dan Eropa saja (jika donasi Yahudi dan Eropa kita bagi-bagi menjadi modal dan laba, Ed). Kita pun tidak menuntut orang-orang miskin yang hanya memiliki harta tidak lebih dari kebutuhan keluarganya sehari-hari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
لَيْسَ عَلَى الضُّعَفَاءِ وَلَا عَلَى الْمَرْضَىٰ وَلَا عَلَى الَّذِينَ لَا يَجِدُونَ مَا يُنْفِقُونَ حَرَجٌ إِذَا نَصَحُوا لِلَّهِ وَرَسُولِهِ مَا عَلَى الْمُحْسِنِينَ مِنْ سَبِيلٍ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Tiada dosa (lantaran tidak pergi berjihad) atas orang-orang yang lemah, orang-orang yang sakit dan atas orang-orang yang tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan, apabila mereka berlaku ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya. Tidak ada jalan sedikitpun untuk menyalahkan orang-orang yang berbuat baik. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (At-Taubah:91)

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ يَسْتَأْذِنُونَكَ وَهُمْ أَغْنِيَاءُ رَضُوا بِأَنْ يَكُونُوا مَعَ الْخَوَالِفِ وَطَبَعَ اللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ فَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya jalan (untuk menyalahkan) hanyalah terhadap orang-orang yang meminta izin kepadamu, padahal mereka itu orang-orang kaya. Mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak ikut berperang dan Allah telah mengunci mati hati mereka, maka mereka tidak mengetahui (akibat perbuatan mereka). (At-Taubah:93)

Saya juga menjawab, kalaupun Yahudi lebih kaya daripada umat Islam, tetap saja jumlah kaum Muslimin masih jauh lebih banyak daripada mereka. Kaum Yahudi hanya berjumlah 20 juta jiwa, sedangkan kaum Muslimin sekitar 400 jiwa. Andaikan setiap muslim menyumbang 1 qirsy saja untuk Palestina –rasanya tidak ada alasan tidak mampu untuk menyumbang dana sekecil ini, semiskin apa pun orangnya – niscaya sedikitnya terkumpul donasi 3,5 juta pound.

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda