SEKILAS INFO
: - Thursday, 13-05-2021
  • 2 tahun yang lalu / Mulai 19, November 2018 cek status visa bisa melalui website Gamajatimmesir.org dengan menulis nama atau paspor di kolom pencarian cek visa.
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi GAMAJATIM!  memberikan informasi tentang warga Jawa Timur di Mesir khususnya, juga negara Mesir bagi mereka yang tertarik.
“CANGKRUAN ALAM”; SATU KEGIATAN, BERIBU PELAJARAN

Suryanews, Kairo – Cangkruan Alam; begitulah sebutan tepatnya untuk salah satu program kerja Dewan Pengurus (DP) Gamajatim tahun 2020/2021. Gamajatim yang notabene berbahasa Jawa, memilih istilah “cangkruan” sebagai alternatif dari cara bersosial warga, yaitu dengan ngobrol santai. Sedangkan nama “alam” sendiri digunakan karena pelaksanaan cakruan di alam terbuka, sedemikianlah penjelasan dari koordinator DP Sosial yang akrab disapa Qolbi.

Selain memiliki sebutan yang unik, nama Cangruan Alam memiliki harapan untuk turut merealisasikan anjuran syariat bersilaturahmi. “Kembali seperti ke makna awal, kita ingin mengeratkan tali silaturahmi antar warga Gama supaya lebih mengenal dekat antara satu dengan yang lainnya,” ungkapnya juga dalam wawancara dengan kru Suryanews.

Tidak lengah dengan keinginan semacam ini, mahasiswa yang berfisik dewasa itu pun menambahkan, “Kita tidak ingin keakraban ini bukan hanya terjadi saat rihlah saja, tapi juga terjadi di kehidupan kita. Karena kita berada di negara orang, jadi perlu adanya rasa pertemanan dan persaudaraan”.

Suatu program yang sudah diwacanakan sejak awal pelantikan Dewan Pengurus, bahkan telah disiapkan dengan matang menjadikan wacana yang dilakasanakan pada tanggal 8-10 April ini menuai mutlak kelancarannya. “Alhamdulillah, Allah SWT. telah membantu kita semua; mulai mencari peserta, armada, hingga mengkoordinir acara dan perjalan,” pungkas Qolbi.

Bahkan, hal sedemikian juga dirasakan oleh salah seorang peserta bernama Birawa Anoraga dalam pernyataannya “Alhamdulillah, Cangkruan Alam kali ini luar biasa indahnya, karena kebersamaan kita sangat solid, entah dari panitia hingga peserta”. Dalam pernyataan lain, ia juga mengharapkan untuk lebih memperkuat kebersamaan, terlebih karena layaknya kita bisa disebut keluarga.

Dalam segi tadabbur alam, Ahmad Fauzi, Ketua DP Gamajatim, mendapati hikmah yang luar biasa, “Jalinan persaudaraan dan suka cita adalah dua kata yang aku pikirkan ketika cangkruan alam ini, sekaligus itu bisa menjadi tukuan pertama diadakannya acara tersebut”.

 

Oleh: Rizal Alawi

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda